Mata Uang Belanda

Posted by

Gulden adalah mata uang Belanda yang berlaku sejak abad ke-17 hingga tahun 2002 yang kemudian diganti dengan Euro 

(Mata uang yang dipakai di 18 negara anggota Uni Eropa. Secara giral, mata uang ini mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999, tetapi secara fisik baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002. Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri)





Antara tahun 1999 dan 2002, gulden secara resmi menjadi "sub unit nasional" untuk euro. Tetapi, pembayaran fisik hanya dapat dilakukan dengan gulden, karena tidak ada koin atau uang kertas euro yang tersedia. Gulden masih digunakan di Antillen Belanda, sebuah dependensi Belanda, meski mata uang ini berbeda dari gulden Belanda. 


Pada 2004, gulden Suriname digantikan dengan dolar Suriname. Nama gulden merupakan kata sifat bahasa Belanda Pertengahan yang berarti "emas", dan nama ini menunjukkan bahwa koin ini terbuat dari emas asli. Simbol ƒ atau fl. untuk guilder Belanda berasal dari mata uang lama lainnya, yaitu florijn, yang disebut florin dalam bahasa Indonesia. 



Blog, Updated at: 02.46

0 comments:

Posting Komentar