Mata Uang Prancis

Posted by

Franc adalah nama atau sebutan untuk mata uang negara Prancis. yang juga dipergunakan dinegara lain yakni swis yang disebut dengan nama Franc Swiss merupakan sebuah mata uang negara Swiss dan Liechtenstein sejak tahun 1798. 

Mata uang ini setiap satuannya dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Perancis), dan Centesimi (Italia). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 francs. 

Franc (₣) merupakan salah satu mata uang yang terpenting di dunia. Franc juga merupakan nama mata uang Perancis terdahulu, yaitu Franc Perancis, sebelum negara tersebut menerima pakai euro sebagai mata uang. 

Nama franc dikatakan berasal dari tulisan bahasa Latin francorum rex (Raja Orang Frank) pada koin Perancis awal, atau perkataan bahasa Perancis franc, yang bermakna "bebas" atau "jujur." 

Selain di Eropa, mata uang Franc juga digunakan di Afrika dan Kepulauan Pasifik, kebanyakan merupakan bekas jajahan Perancis, a.l. Franc Burundi, Franc Komoro, Franc Rwanda, Franc CFA (14 negara di Afrika), dan Franc CFP (3 negara Polinesia).


Blog, Updated at: 12.19

0 comments:

Posting Komentar