Nilai Tukar Won Terhadap Dollar

Posted by

Selama bertahun-tahun nilai tukar won terhadap dolar tak banyak berubah. Hal tersebut menunjukkan kontrak devisa  dan sejumlah peraturan terkait serta sanksi-sanksi keras terlah membuat nilai won melemah. Hal ini merupakan hal yang sehat bagi pasar gelap.

Disfungsi moneter Korea Utara didampingi masalah inflasi parah. Pada 2009, pemerintahnya mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan program reformasi mata uang seperti program redemonasi yang akan memangkas dua digit pada nominal won saat ini.

Korea Utara diberikan setidaknya kurang dari dua minggu untuk menukar seluruh mata uangnya ke dalam pecahan baru. Maka pemerintah membatasi kuantitas jumlah won lama yang bisa ditukar dengan yang baru. Bagi para penduduk Korea Utara yang menyimpan terlalu banyak mata uang, program redenominasi merupakan program pemungutan pajak kekayaan secara efektif.

Kenyataannya, agak mengejutkan saat reformasi mata uang menyebarkan kepanikan di kalangan primitif Korea Utara, serta pasar-pasar barang dan jasa. Dengan reformasi mata uang, permintaan mata uang asing dapat diakselerasi sesuai dengan kebutuhan di pasar yang transaksinya dilakukan dengan uang tunai. Akibatnya, nilai won anjlok akibat pasar perdagangan gelap mata uang.

Jadi apa yang terjadi pada tingkatan harga di Korea Utara secara keseluruhan pasca reformasi? Data nilai tukar mata uang pasar gelam memungkinkan munculnya prediksi nilai inflasi yang tepat.Seperti kepanikan pada 2009 memicu lonjakan inflasi di Korea Utara.


Blog, Updated at: 06.05

0 comments:

Posting Komentar