Mata Uang Korea Utara

Posted by

Korea Utara, secara resmi disebut Republik Demokrasi Rakyat Korea adalah sebuah negara di Asia Timur, yang meliputi sebagian utara Semenanjung Korea. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang. 

Ibu kota  : Pyongyang
Mata uang : Won Korea Utara
Pimpinan tertinggi : Kim Jong-un
Perdana Menteri : Pak Pong-ju
Pemerintahan : Negara kesatuan, Totaliterisme, Juche, Negara Sosialis, Negara satu-partai, Republik

Bagi sebagian akademisi, istilah 'troubled currency' bisa jadi merupakan istilah seni. Namun bagi orang yang tengah mengalami gangguan ekonomi, 'troubled currency'  merupakan mata uang yang anjlok nilai tukarnya akibat terpaan tingkat inflasi yang tinggi.

Seperti dilansir dari Business Insider, Senin (29/7/2013), nilai mata uang rendah membuat kepercayaan diri penggunanya menghilang. Saat daya belinya berkurang, seringkali para pengguna mata uang tersebut mencoba menekannya guna mendapatkan nilai tukar asing yang stabil. Saat permintaan mata uang menguap, maka nilai tukarnya terhadap asing pun melemah dan harga kebutuhan sehari - hari melonjak.

Seiring berkembangnya proses ini, ekspektasi kemampuan mata uang untuk mempertahankan daya belinya memburuk dan terjebak pada pergerakan ekonomi yang salah. Pada kondisi ekstrem, pergerakan ekonomi tersebut bisa berarti hiperinflasi dimana nilai inflasi berada di atas 50% per bulan. Kasus ini memang jarang terjadi, tapi hingga saat ini sedikitnya terdapat 56 kasus hiperinflasi.

Diantara negara negara yang memiliki kasus demikian adalah Iran , Korea , Argentina dan Mesir Serta Suriah.


Blog, Updated at: 06.02

0 comments:

Posting Komentar