Mata Uang yang pernah bermasalah dalam sejarah - Rupiah Indonesia

Posted by

Krisis keuangan Asia pada akhir 1990-an melahirkan banyak mata uang bermasalah. Rupiah Indonesia merupakan salah satu uang yang masuk ke dalam lingkaran tersebut. Pada 14 Agustus 1997, setelah mata uang baht dari Thailand mengalami kehancuran, nilai rupiah turun drastis. Hal tersebut membuat Indonesia bergantung pada dana pinjaman Internasional Monetary Fund (IMF).

Berbeda dengan prediksi IMF, nilai rupiah tidak membaik. Nilainya justru melemah parah dari 2.700 per dolar Amerika Serikat (AS) menjadi 16.000 pada waktu itu. Indonesia pun terjebak dalam pusaran krisis Asia saat itu.

Pada akhir Januari 1998, Presiden Soeharto menyadari bantuan IMF yang tak berguna dan menggunakan rencana kedua. Dalam agenda perubahan penanganan krisis tersebut, rupiah menguat 28% terahadap dolar AS.

Kasus yang terjadi di Indonesia terhitung unik, rupiah diperdagangkan bebas di pasar bursa asing dengan tingkat nilai tukar yang menguat. Terlebih maasalah nilai tukar mata uang yang muncul di bawah sistem moneter yang membatasi konvertibilitas mata uangnya.

Lingkungan ekonomi ini memberikan peluang bagi pasar gelap untuk menukar mata uang asing, dimana mata uang dalam negeri yang diperdagangkan bebas akan menentukan nilai tukarnya.

Ditambah lagi, pemerintah Soeharto yang terus mempublikasikan data ekonomi setelah rupiah mengalami pelemahan akibat inflasi. Di kebanyakan negara dengan mata uang yang melemah, kasus serupa tak terjadi. Memang benar, sejumlah rezim di berbagai negara yang menderita inflasi terkenal menyembunyikan fakta terkait inflasi yang dialaminya. Seringkali pemerintah membuat data inflasi sendiri guna menyembunyikan masalah ekonomi yang dialaminya.

Nilai tukar mata uang merupakan salah satu solusi masalah ini, Jika tersedia data nilai tukar mata uang di pasar bebas, maka nilai inflasi dapat diprediksi. Prinsip paritas daya beli (the principle of purchasing power parity/PPP) berubah tergantung nilai tukar mata uang dan perubahan harga. Maka untuk menghitung nilai inflasi di negara-negara yang mengalami pelemahan nilai mata uang memnutuhkan teori ekonomi selama puluhan tahun yang telah teruji.

Indonesia merupakan salah satu mata uang yang melemah akibat inflasi dan telah menjadi bagian dari sejarah. Sementara itu, masih ada enam negara yang saat ini tengah mengalami kehancuran nilai mata uangnya.


Blog, Updated at: 06.08

0 comments:

Posting Komentar